Tak Perlu Daftar, BLT Modal Usaha 3,5 Jt dari Kemensos bisa dicek Penerimanya disini


=== REKOMENDASI UNTUKMU ===
Tak Perlu Daftar, BLT Modal Usaha 3,5 Jt dari Kemensos bisa dicek Penerimanya disini


Hai... Selamat datang kembali di Infojawaban.com seperti biasanya pada kesempatan kali ini infojawaban.com akan memberikan informasi kepada kalian semua tentang BLT Modal Usaha Rp.3,5 Juta dari Kemensos. Dimana anda Cukup Ambil KTP dan Cek Penerimanya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini. 


Dilansir dari Pikiran-Rakyat.com 

Seperti diketahui, Kementrian Sosial kembali meluncurkan program bansos, dimana program bansos ini khusus untuk modal usaha dengan berbagai syarat yang telah ditentukan. Program bantuan ini adalah program yang diluncurkan Kemensos selain bantuan sosial tunai Rp300ribu.

Adapun syarat mendapat bantuan sosial (bansos) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) atau BLT modal usaha Rp3,5 Juta ini di antaranya:

  1. Warga miskin/rentan miskin 
  2. Anggota KPM PKH yang sudah digraduasi
  3. Memiliki usaha

Data penerima Bansos Modal Usaha Rp 3,5 Juta adalah keluarga yang masuk dalam pendataan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah digraduasi oleh Kemensos.

Selama tahun 2020, sebanyak 10.000 KPM PKH yang memiliki rintisan usaha terdampak pandemi dan dianggap telah tergraduasi, akan dapat BLT Rp3,5 juta.


Masing-masing KPM menerima bantuan senilai Rp500 ribu, sehingga total anggarannya mencapai Rp5 miliar sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU).

Bantuan ini diharapkan membuat rintisan usaha ultra mikro KPM PKH Graduasi terus bertahan di tengah sulitnya ekonomi.


Calon penerima BLT Modal Usaha Rp3,5 juta ini dapat segera mengecek apakah terdata atau tidak dengan cara mengecek di link yang ada dibawah ini

 dtks.kemensos.go.id.

  1. Setelah masuk ke dtks.kemensos.go.id 
  2. Kemudian Pilih NIK
  3. Masukkan nomer NIK di KTP kalian 
  4. Masukkan Nama Sesuai KTP 
  5. Masukkan Kode angka dan huruf yang coret coret itu 
  6. Tekan tombol cari 

Jika nama anda ada atau keluar di sistem. Maka selamat anda adalah penerima bansos. Dan tinggal tunggu cair. Gak usah Daftar - Daftar.

Jika kalian masih bingung, silahkan tekan tombol petunjuk. Jika tetap masih bingung tinggal chat aja petugas dengan cara tekan tombol chat lingkaran atau gambar pesan di pojok kanan bawah itu. 


Lalu, bagaimana jika nama anda tidak ada ?

Jika anda benar-benar membutuhkan bansos ini maka anda sebagai Masyarakat (fakir miskin) mendaftarkan diri ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK. Hasil pendaftaran aktif fakir miskin ke Desa/Kelurahan, selanjutnya akan dilakukan Musyawarah di tingkat Desa/Kelurahan untuk membahas kondisi warga yang layak masuk kedalam DTKS berdasarkan prelist awal dan usulan baru. Musdes/Muskel akan menghasilkan Berita Acara yang ditandangani oleh Kepala Desa/Lurah dan perangkat desa lainnya, yg kemudian menjadi Prelist Akhir.

Prelist Akhir dari Hasil Musdes/Muskel digunakan oleh Dinas Sosial untuk melakukan verifikasi dan validasi data dengan instrumen lengkap DTKS melalui kunjungan rumah tangga. Data yang telah diverifikasi dan validasi kemudian diinput di aplikasi SIKS Offline oleh Operator Desa/Kecamatan. Data yang sudah diinput di SIKS Offline kemudian di eksport berupa file extention siks.

File ini kemudian dikirim ke Dinas Sosial untuk dilakukan import data ke dalam Aplikasi SIKS Online. Hasil verifikasi dan validasi ini dilaporkan kepada bupati/walikota. Bupati/walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi Data yang telah disahkan kepada Gubernur untuk diteruskan kepada Menteri.

Penyampaian dilakukan dengan cara mengimport data hasil verifikasi validasi ke SIKS-NG dengan mengupload surat Pengesahan Bupati/Walikota dan Berita Acara Musdes/Muskel.

Dalam pelaksanaannya program ini akan ditangani langsung oleh tenaga kerja kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan Anda melewati proses seleksi apakah layak mendapatkan bansos ini atau tidak.


Bagaimana dengan yang belum terdaftar? Pada 2021 Kemensos akan menambah jumlahnya menjadi 30 persen yang datanya berasal dari KPM PKH tergraduasi.


Karenanya masyarakat diminta proaktif. Kemensos tak ingin penerima BLT ini itu-itu saja. Mulai tahun depan, sasaran BLT ini akan menyasar kalangan lebih luas.


Adapun jenis usaha yang berhak mendapatkan program bantuan modal usaha adalah usaha kelontong, kuliner, pedagang, penjahit, pertanian dan peternak.


Kemudian Kemensos akan melakukan seleksi terhadap KPM PKH yang sudah di graduasi jika Anda lolos akan diinfokan oleh pendamping PKH yang berkompeten


Artinya, tidak ada data baru melainkan ini diambil dari data keluarga penerima manfaat yang sudah digraduasi oleh Kemensos


Sekian informasi yang diberikan oleh infojawaban.com tentang Syarat dan Cara Cek Penerima Bansos Modal Usaha 3,5 Juta dari Kemensos


semoga informasi yang diberikan manfaat dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman kalian ya...



Source : pikiran-rakyat.com

11 comments:

close